rss 48

Menkumham : Seminar Nasional Untuk Masyarakat

yogya 1

Yogyakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Menkumham ) Yasonna H Laoly memberikan sambutan pada Seminar Nasional Tahun 2017 tentang Undang-Undang Administrasi Pemerintah (UU Nomor 30 Tahun 2014), Apresiasi Positif, Implikasi Negatif serta Peluang Untuk Menanggulanginya. UU Nomor 30 Tahun 2014 disusun guna menjamin hak dasar dan memberikan perlindungan kepada warga masyarakat serta menjamin penyelenggaraan tugas negara.

Pasca diundangkannya UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, muncul berbagai diskusi di lingkungan akademisi maupun birokrasi karena terdapat hal yang baru dan memerlukan penyesuaian lebih lanjut. “ kami menyambut baik atas diadakannya administrative law update 2017,” kata Yasonna pada seminar nasional tahun 2017 di  Hyatt Regency Yogyakarta, senin, 23/10/2017.

Menkumham menambahkan, berdasarkan perintah konstitusi, warga masyarakat tidak menjadi objek melainkan harus menjadi subjek yang aktif terlibat dalam penyelenggaraan pemerintah agar berjalan lebih baik. Warga masyarakat juga dapat mengajukan gugatan terhadap keputusan dan/atau tindakan kepala badan dan/atau pejabat pemerintah kepada Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Pelaksanaan administrasi pemerintah yang diatur dalam UU Nomor 30 Tahun 2014 memerlukan beberapa penyesuaian dalam praktik lingkungan birokrasi, hal ini mendorong para pejabat tinggi maupun pejabat administrasi untuk sentiasa meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi warga masyarakat serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

“Bagi penyelenggara pemerintahan dalam lingkup Eksekuti, Yudikatif, Legislatif, Badan dan/atau Pejabat Pemerintah harus dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pesan menkumham pada seminar nasional.

Seminar nasional yang di hadiri oleh 59 Universitas/Perguruan Tinggi se-Indonesia yang memiliki program studi Fakultas Ilmu Hukum, menampilkan beberapa narasumber antara lain Kelapa BPHN Prof. Enny Nurbaningsih dan Mahfud MD. (yatno, Foto: Asep)

yogya 2

logo besar kuning
 
KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA
PikPng.com school icon png 2780725    JL. Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan
 Jakarta Selatan, DKI Jakarta - 12940
PikPng.com phone icon png 604605   021 - 5253004
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    rohumas@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    pengaduan.setjen@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham