rss 48

Hari HAM, Momentum untuk Koreksi Pelaksanaan HAM

2015 12 11 Hari HAM Graha 3Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, mengapresiasi kepada para Gubernur, Bupati, dan Walikota yang telah bersungguh-sungguh menerapkan kebijakan pembangunan dengan pendekatan-pendekatan yang melindungi hak rakyatnya dengan memperhatikan Hak Asasi Manusia (HAM). Hal tersebut dilakukan semata-mata agar masyarakat merasa dilindungi karena pemerintahan daerahnya memperhatikan mereka. “Peringatan hari HAM ini sebagai momentum untuk melaksanakan koreksi terhadap pelaksanaan HAM dimasing-masing Negara,” kata Yasonna saat menghadiri Peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2015.
Pemerintah, lanjut Yasonna, mengemban kewajiban dan tanggung jawab dalam rangka pemenuhan HAM yang meliputi bidang hukum, sosial, ekonomi, politik, budaya, dan keamanan. Khusus dalam bidang hukum, masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diatasi bersama. “Oleh karena itu diperlukan solusi yang dapat mengatasi kendala pemerintah pusat untuk menjalankan kewajiban dibidang HAM, salah satunya adalah mendorong pemerintah daerah berperan aktif dan turut serta mengemban kewajiban negara dan pemerintah pusat dalam menghormati, melindungi dan memenuhi HAM,” ujar Menkumham di Graha Pengayoman, Jumat (11/12/2015).
Dalam Peringatan Hari HAM yang ke-67 tahun ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan penghargaan kepada Kabupaten/ Kota Peduli HAM. Sebanyak 296 Kabupaten/ Kota mendapat penghargaan tersebut. Menkumham berharap kepada kepala daerah yang berhasil meraih predikat Kabupaten/ Kota Peduli HAM, supaya terus meningkatkan pelayanan publiknya yang merupakan bagian dari pemenuhan HAM kepada warganya.
“Predikat Kabupaten/ Kota Peduli HAM bukan merupakan bagian akhir, tetapi untuk mengembangkan sinergitas satuan kerja dan instansi vertikal di daerah. Selain itu juga untuk mengukur hasil kerja pemerintah kabupaten/ kota dalam menunjukan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM di wilayahnya masing-masing sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,” kata Yasonna.
Pada kegiatan yang mengusung tema “Refleksi 70 Tahun Perjalanan Bangsa Dari Perspektif Hak Asasi Manusia Menghadirkan Negara Untuk Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab” juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama pembangunan daerah peduli HAM, penetapan duta HAM pelajar, dan penyerahan trofi pemenang lomba HAM oleh Menkumham. (Komar, Foto: Zeqi, Ed: Tedy)

2015 12 11 Hari HAM Graha 2

2015 12 11 Hari HAM Graha 1

logo besar kuning
 
KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA
PikPng.com school icon png 2780725    JL. Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan
 Jakarta Selatan, DKI Jakarta - 12940
PikPng.com phone icon png 604605   021 - 5253004
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    rohumas@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    pengaduan.setjen@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham