rss 48

Pelatihan LAPOR! Sebagai Sarana Aspirasi dan Pengaduan Berbasis Media Sosial

DSC 6453

Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengadakan kegiatan Pelatihan Aplikasi LAPOR!. Kegiatan yang diadakan di ruang rapat lantai 5 Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham ini bekerjasama dengan USAID CEGAH dan Bandung Trust Advisory Group (B-TRUST) pada senin (17/06).

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Bambang Wiyono mengatakan bahwa Kemenkumham beserta kementerian dan lembaga lain baik di tingkat pusat maupun daerah harus menggunakan aplikasi LAPOR! ini sebagai media interaksi dengan masyarakat atas pelayanan publik di lingkungan Kemenkumham untuk melakukan pengolahan dan pendistribusian informasi secara efektif dan efisien guna peningkatan kinerja.

Bambang juga berharap agar penjabat penghubung LAPOR! yang ditunjuk untuk mengelola aplikasi ini agar secara sistemastis dan cepat dalam menindaklanjuti pengaduan. Hal ini untuk mendukung era keterbukaan informasi dimana masyarakat berhak memperoleh pelayanan yang harus diberikan oleh aparatur negara. "Saya berharap dengan adanya pelatihan ini, pengelolaan Aplikasi LAPOR! yang telah berjalan semakin tertata, efektif dan tepat waktu sesuai dengan SOP dalam mengelola pengaduan masyarakat", ujar Bambang.

Kegiatan pelatihan menghadirkan perwakilan dari B-TRUST yaitu Aditiyo Sudarna dan Muhammad Rizal untuk melatih dan mengajarkan pengguna baru untuk menggunakan aplikasi LAPOR! versi 3.0 sebagaimana adanya pembaharuan Aplikasi LAPOR! versi 2.0 ke versi 3.0. Hal ini dikarenakan Kantor Staf Presiden bekerjasama dengan Menpan RB telah mengembangkan aplikasi LAPOR! versi 3.0 dengan mengubah tampilan-tampilan yang lebih memudahkan akses oleh masyarakat maupun pengelola LAPOR!

LAPOR! atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat sendiri yaitu salah satu aplikasi untuk sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu di lingkungan pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan pertisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik. Selain itu, LAPOR! juga merupakan salah satu target kinerja Kemenkumham dari tahun 2017 sampai 2019 baik ditingkat pusat maupun kantor wilayah yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-11.PR.01.03 Tahun 2018 tentang Target Kinerja Kementerian Hukum dan HAM.

DSC 6499

DSC 6467

logo besar kuning
 
KEMENTERIAN HUKUM REPUBLIK INDONESIA
PikPng.com school icon png 2780725    JL. Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan
 Jakarta Selatan, DKI Jakarta - 12940
PikPng.com phone icon png 604605   021 - 5253004
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    rohumas@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    pengaduan.setjen@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham