Yasonna Serahkan 61 Sertifikat Paten untuk Universitas Indonesia

2020 11 27 UI 1

Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly menyerahkan 61 sertifikat paten secara simbolis kepada Universitas Indonesia. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kuliah umum oleh Menkumham dengan judul perlindungan hukum kekayaan intelektual sebagai dasar kemajuan inovasi nasional, Jumat (27/11/2020).

Dalam kuliah umum virtual ini Yasonna mengatakan bahwa peran kekayaan intelektual dalam era baru revolusi industri 4.0 memiliki posisi penting. Kekayaan intelektual yang juga sebagai fondasi dari ekonomi kreatif ini diharapkan dapat menjadi competitive advantage sekaligus pendorong perekonomian nasional.

"Untuk itu, dibutuhkan perhatian khusus dan komitmen yang tinggi dalam mengembangkan dan memajukan ekonomi kreatif dari segenap pemangku kepentingan, mulai dari pelaku usaha, akademisi, hingga pemerintah," ujar Yasonna di gedung Sentra Mulia Kemenkumham.

Menurut Yasonna era ekonomi kreatif adalah era dimana penciptaan nilai tambah melalui pengembangan ide, kreativitas, dan inovasi. Era dimana daya saing sumber daya manusia menjadi faktor kunci kesuksesan suatu negara untuk dapat bersaing dan menang dalam percaturan ekonomi global.

"Oleh karena itu Kemenkumham
merespon kebijakan tersebut dengan melakukan upaya merintis pembentukan Kemenkumham sebagai Corporate University guna menyiapkan SDM aparatur sipil negara yang mumpuni dalam mengemban tugas dan fungsinya serta bekerja cerdas, efektif, dan efisien serta profesional," kata Yasonna.

Yasonna juga mengatakan saat berkesempatan mengikuti Sidang Majelis Umum WIPO (World Intellectual Property Organization) 2020 yang lalu, ia berkomitmen untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia dan negara berkembang terkait hak-hak komunitas lokal untuk memelihara, melindungi, dan mengembangkan kekayaan intelektual komunal atas warisan budaya.

"Karena potensi kekayaan intelektual komunal tidak hanya memberi manfaat secara ekonomi tapi juga sebagai potensi ekologi, kepariwisataan, sosial budaya, dan yang paling penting juga adalah untuk identitas bangsa," ungkap Yasonna. (Hidayah)

2020 11 27 UI 2

2020 11 27 UI 3

2020 11 27 UI 4

2020 11 27 UI 5

2020 11 27 UI 6

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp : 021 - 5253004

email : .

email aduan : .