Pertahankan WTP, Kemenkumham Kejar Laporan Keuangan Semester I

 

 

yogya1

Bantul, DIY – Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) selama dua tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2015 dan 2016 menunjukkan bahwa laporan keuangan kemenkumham sudah sesuai dengan harapan. Untuk itu pertahankanlah prestasi yang selama ini telah diraih. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Keuangan, Tarsono saat memberi arahan pada acara Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun anggaran 2018, Kamis (26/7/2018) di Aula Hotel Grand Dafam Rohan, Yogyakarta.

Di hadapan 85 peserta yang hadir saat itu beliau berpesan agar tetap bekerja dengan sebaik-baiknya walaupun ditengah terpaan masalah yang dihadapi sekarang ini. Menurutnya, prestasi yang ada di Kemenkumham tidaklah sedikit. Dari sisi pengelolaan keuangan meliputi kinerja anggaran memperoleh penghargaan dua tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan. Janganlah semua prestasi yang selama ini kita bangun menjadi menurun hanya karena beberapa masalah yang dihadapi. “Jadikan itu pemicu semangat untuk melaksanakan tugas dan fungsi kita agar menjadi lebih baik,” Tambah Tarsono.

Laporan keuangan semester merupakan kegiatan rutin secara periodik diharapkan mampu membuat perubahan kearah yang lebih baik. Selama ini sudah banyak sekali kemajuan dan harus dipacu terus. Semua diharapkan agar terlaporkan dengan baik. Pengelola anggaran mempunyai kewajiban untuk mempertahankan pengelolaan keuangan yang baik dengan melakukan penyusunan keuangan secara baik pula.
Sementara itu, Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Biro Keuangan, Ramelan Suprihadi dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat, transparan dan akuntabel seperti yang diamanatkan undang-undang. Tujuannya adalah meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penyajian atau transaksi yang berdampak pada validasi dan akurasi data yang dituangkan dalam laporan keuangan. Selain itu juga untuk memastikan kecukupan kelengkapan data dalam rangka penyusunan laporan keuangan.

Kegiatan yang di motori oleh Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham berlangsung selama 4 hari kedepan mulai 26 hingga 29 Juli 2018, diikuti oleh penyusun laporan keuangan tingkat Unit Eselon I dan tingkat kementerian serta pejabat yang membawahi bidang keuangan.

Acara dibuka secara resmi oleh Plh. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Ajar Anggono dan menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Dalam waktu selama 4 hari ini diharapkan dapat menyelesaikan penyusunan laporan keuangan secara bersama-sama dan dihasilkan keputusan bersama. (Humas: Komar, Foto: Asep).

yogya2

yogya3

yogya4

yogya5

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .