Menjadi Sumber Daya Manusia Unggul Dengan Sabar dan Syukur

2 CERAMAH

Jakarta – Dalam rangka Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar ceramah keagamaan dengan mengangkat tema “Hijrah: Menuju SDM Unggul, Kemenkumham Jaya”. Ceramah dibawakan oleh Ustads Ahmad Faisal atau yang lebih dikenal sebagai Aa Reza.

“Tahun Hijriah dimulai dari perjuangan Nabi Muhammad saat berhijrah dari Makkah Al-Mukaromah ke Madinah. Bagaimana sikap Nabi dan para Sahabat saat itu dalam menanggapi situasi,” kata Aa Reza di Graha Pengayoman Kemenkumham, Kamis (05/09).

Aa Reza menjelaskan hubungan antara sikap sabar dan senantiasa bersyukur dengan goal menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul. “Menjadi SDM Unggul setara dengan menjadi pribadi yang bertawakkal,” ujarnya, “bertawakkal dilakukan dengan cara bersabar dan bersyukur.”

Aa Reza menjabarkan bahwa bentuk syukur yang paling minimalis adalah dengan cara diucapkan, kemudian dilanjutkan dengan perbuatan. Bersyukur atas nikmat baik dan musibah, agar senantiasa mengingat Allah SWT. Selain itu, Aa Reza menerangkan sikap bersabar dapat ditunjukkan dengan cara selalu berusaha melakukan amal shalih (amal baik) dan menerapkan habbluminannaas (hubungan baik kepada sesama manusia).

“Berbuat baiklah, terutama pada anak yatim. Bulan Muharrom merupakan saat yang tepat untuk menyantuni mereka,” tutup Aa Reza.

Kegiatan keagamaan digelar oleh Bagian Bina Sikap Mental dan Layanan Kesehatan, Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkumham untuk menyegarkan rohani bagi pegawai Kemenkumham yang beragama Islam. (Bagas & Rayhan, Edit: Disa, Foto: Dudi)

3 . PILIHAN Copy Copy

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .