Lapas Batulicin Akan Kurangi Over Kapasitas di Lapas Kotabaru.

07 02 2020Batu licin 1

Batulicin - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly meninjau secara langsung progres pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batulicin di Desa Saring Sungaibubu Kecamatan Kusan Hilir Kal-Sel, Jum'at,(7/2/2020).

Menkumham Yasonna yang saat itu didampingi Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, melihat langsung kondisi Lapas yang sudah masuk tahapan pembangunan 90 persen. Selain itu Yassona juga meninjau beberapa Blok Hunian termasuk lapangan di sekitar Lapas. Menurut Menkumham,  bangunan Lapas Batulicin ini sudah dianggap memiliki kelayakan, tinggal dirapikan, dibuatkan lapangan olah raga dan taman untuk penghijauan.

Menkumham menambahkan, dalam proses pembangunan ini pihaknya akan mengajukan permohonan kepada Bupati Tanbu agar setelah selesainya bangunan ini dapat didayagunakan. "Over kapasitas Lapas di Kotabaru dirasa tidak memungkinkan untuk tambah lagi, over kapasitasnya dari 180 menjadi 800, belum lagi masalah jarak Batulicin dan Kotabaru terbentur biaya bagi keluarga pembesuk,” "Ucap Yasonna.

Dengan Demikian diharapkan Lapas Kelas II B Kotabaru yang menampung warga binaan dari dua daerah, Kotabaru dan Tanah Bumbu nantinya tidak lagi mengalami over kapasitas.

Menkumham juga berharap ada konsistensi berkelanjutan mengenai pembangunannya dan berharap bisa bersinergi dengan pemerintah daerah setempat untuk pembangunan. "Kami tidak bisa berjalan sepenuhnya, tanpa bantuan pemerintah daerah sebab kami juga punya dana yang terbatas dari APBN," Pungkas Menkumham. (Komar, Asep. Foto: Istimewa).

07 02 2020Batu licin 2

07 02 2020Batu licin 3

07 02 2020Batu licin 4

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .