HUT Korpri ke-50, Presiden Jokowi Beri Empat Pedoman Untuk ASN

korpri 1 hut

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi para ASN yang tergabung dalam wadah Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) terutama yang bertugas di wilayah perbatasan.. “Saya mengapresiasi dharma bhakti, pengabdian, kerja keras Korpri alam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan”, ucap Jokowi saat memberi sambutan pada puncak peringatan HUT Korpri ke- 50 melalui virtual, senin (29/11/2021).

Menururt Jokowi, Anggota Korpri yang tersebar di seluruh tanah air telah menjadi simpul persatuan dan kesatuan bangsa serta mewujudkan kehadiran negara.

“Pengabdian yang diberikan setiap anggota Korpri kepada bangsa dan negara tidaklah boleh berhenti, ekspetasi masyarakat semakin tinggi, tantangan perubahan juga semakin kompleks, berbagai tantangan baru bisa muncul secara tak terduga, baik itu karena perkembangan teknologi maupun karena musibah dan pandemi.” Tambah Jokowi.

Presiden Jokowi berharap, Korpri dalam menghadapi semua tantangan ini Korpri harus terus bertransformasi memperkokoh sikap melayani, menjadi abdi masyarakat dan menjadi abdi negara, terus berinovasi dan mengembangkan cara baru yang lebih efesien, terus beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Presiden Jokowi juga menyampaikan beberapa hal yang dapat dipedomani untuk insan Korpri yaitu, Pertama,  setiap anggota Korpri dalam berbagai jabatan harus memiliki nilai dasar yang sama, yaitu memberi layanan terbaik untuk masyarakat, berkompeten pada pelayanan, akuntabel, loyal, adaptif dan kolaboratif.

Kedua,  melakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, ubah maindset, hindari ketidak- efesienan serta berkolaborasi lintas organisasi, lintas daerah,  lintas ilmu dan Tingkatkan e- goverment.

Ketiga, bangun dan perkokoh integritas aparatur, ciptakan birokrasi yang lebih transparan dan akuntabel serta perkuat peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan.

Sementara itu Ketua Umum Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan Korpri sangat penting karena sudah tertuang dalam Undang-undang ASN. 

“Di pundak kita ada amanah dan diujung jari kita ada kekuasaan yang luar biasa. Harus kita sadari ASN lah yang menggerakan birokrasi  dan menata kelola APBN dan APBD. Kalau kita tidak amanah, kita tidak akan bisa menjadikan bangsa kita tumbuh lebih cepat, berlari lebih cepat dan terbang lebih tinggi.” Kata Zudan Arif.

Ia berharap, semua ASN harus terus bersatu. ASN yang bersatu akan menjadi kunci untuk memajukan Indonesia. Selain itu ASN juga harus bisa menjaga dari intervensi politik.

Acara yang bertema ASN bersatu,Korpri Tangguh Indonesia tumbuh ini diharapkan ASN lebih berkontribusi  alam pembangunan bangsa dan negara . Acara ini juga dirangkai dengan doa lintas antar agama, dan pemberian penghargaan kepada duta Korpri dari Kementerian/Lembaga dan Provinsi. (Komar, Foto: Yatno.)

korpri 2 hut ed

korpri 3 hut

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp : 021 - 5253004

email : .

email aduan : .