Gandeng IAI, Kemenkumham Buka Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018

ft1

Jakarta – Dalam meningkatkan laporan akuntabilitas Keuangan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM), Biro Keuangan Sekretariat Jenderal bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Tingkat Manajerial Tahun 2018, yang diselenggarakan Jumat (29/6/18) di Ruang Supomo Gedung Sekretariat Jenderal. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan bagi pejabat di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM di bidang akuntansi dan pelaporan keuangan dilingkungan pemerintahan.

Dalam sambutan pembukaan Bambang Rantam mengatakan pentingnya kegiatan ini sebagai salah satu upaya konkrit Kemenkumham untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dengan memenuhi prinsip tepat waktu dan disusun dengan mengikuti standar akuntansi pemerintahan yang telah diterima secara umum

Lebih lanjut Bambang Rantam mengatakan bahwa kegiatan workshop yang sedang berlangsung ini merupakan salah satu rekomendasi hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan atas laporan keuangan Kementerian Hukum dan HAM.  “BPK memandang bahwa secara keseluruhan Kementerian Hukum dan HAM belum memberikan perhatian secara optimal terhadap peningkatan wawasan dan pengetahuan pegawainya khususnya dibidang penyusunan laporan keuangan” jelas Bambang.

Sementara itu Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Aidir Amin Daud dalam arahannya mengumpamakan kegiatan ini seperti seorang yang sedang melakukan medical check up. Dengan kegiatan ini kita dapat melakukan check up terhadap kemampuan pengelolaan keuangan kita. “ sehingga kita mengetahui kekurangan dan masalah di kita, dan bisa diambil tindakan untuk memperbaiki” kata Aidir.  

Kegiatan ini diikuti peserta  berjumlah 60 orang yang berasal dari seluruh Sekretaris Unit Utama dan para Kepala Divisi Administrasi berlangsung satu hari dengan narasumber dari  Ikatan Akuntan Indonesia. (Budi, Ed: Dedet, Dok. Komar, Jay)).

ft2

ft4

ft3

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .